Jumat, 11 Oktober 2019

Aturan Makan untuk Pengidap Hepatitis B agar Cepat Sembuh

Hepatitis B bisa menyerang siapa saja karena beberapa cara, misalnya melalui darah, cairan tubuh, dan memakai peralatan pribadi bergantian. Kondisi imun yang kurang terjaga juga bisa menambah peluang penularan. Tindakan penyembuhan harus segera dilakukan agar penderita cepat sembuh. Aturan makan berikut ini termasuk langkah yang harus dilakukan agar penyembuhan efektif.

Aturan Makan untuk Pengidap Hepatitis B agar Cepat Sembuh

1. Mengonsumsi Lebih Banyak Cairan
Sistem imun penderita hepatitis B harus dikondisikan agar lebih stabil agar bisa segera sembuh dari infeksi virus. Aktivitas virus penyebabnya ini harus dilawan agar sistem tubuh bisa kembali sehat seperti semula. Salah satu cara mengoptimalkan sistem imun adalah mengonsumsi lebih banyak cairan.

Hal ini juga bertujuan mengganti cairan tubuh yang lebih banyak hilang karena mengalami berbagai gejala, yaitu muntah dan nafsu makan berkurang. Jika demikian, Anda harus mengonsumsi lebih banyak air putih dan buah-buahan yang mengandung air. Susu rendah lemak juga bisa dikonsumsi.

2. Mengonsumsi Buah dan Sayur
Penderita hepatitis jenis B ini harus mengonsumsi makanan yang dianjurkan demi kesembuhannya. Selain memenuhi asupan cairan dalam tubuh, penderita juga harus mengonsumsi buah dan sayur yang cukup.

Kedua jenis makanan ini mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menutrisi tubuh dengan zat yang mudah dicerna tubuh. Buah dan sayur juga kaya zat antioksidan untuk melindungi sel hati dari kerusakan akibat HBV. Meski demikian, pilihlah buah dan sayur yang mudah dicerna, di antaranya pepaya, pisang, mangga, bayam, sawi, dll. Hindarilah buah mengandung gas.

3. Menghindari Makanan Berlemak
Lemak juga tidak bersahabat untuk seseorang yang sedang menderita hepatitis B. Pasalnya, tidak semua lemak itu baik. Terlebih lagi, kondisi penderita hepatitis jenis B ini tidak prima di bagian pencernaan. Oleh karena itu, konsumsi lemak bisa berpengaruh pada kesehatan pencernaan. Risiko lain yang ditimbulkan lemak jahat juga sangat berbahaya karena bisa menurunkan kesehatan.

4. Menghindari Makanan Berat
Makanan berat yang dimaksud di sini adalah makanan yang mengandung banyak kalori. Makanan berserat tinggi juga termasuk di dalamnya. Anda harus menaati anjuran ini agar bisa cepat sembuh seperti semula.

Makanan berat yang berkalori tinggi ini menyebabkan makanan lebih susah dicerna dan bisa berpengaruh pada sistem tubuh yang lemah. Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang bernutrisi sekaligus mudah dicerna.

5. Menghindari Rokok dan Alkohol
Rokok dan alkohol tetap saja harus dihindari karena sudah pasti menyebabkan banyak risiko, terlebih bagi seseorang yang sedang menderita suatu penyakit. Hepatitis jenis B ini bukanlah penyakit yang ringan. Oleh karena itu, tekanan darah harus dijaga agar kondisi kesehatan membaik. Rokok dan alkohol pemicu tekanan darah tinggi beserta zat di dalamnya harus dihindari.

6. Makan dengan Perlahan
Makan secara perlahan harus dilakukan oleh penderita hepatitis jenis B agar tidak berbahaya bagi pencernaannya, termasuk organ hati yang sedang terserang HBV. Oleh karena itu, makanlah dengan cara yang benar dan tidak perlu terburu-buru. Dianjurkan juga untuk mengunyah makanan sampai benar-benar lembut supaya lebih mudah dicerna.

Berbagai aturan makan di atas sangat dianjurkan untuk diterapkan oleh pengidap hepatitis B. Bagaimanapun kondisinya, aturan di atas berlaku untuk semua kondisi penderita. Virus HPV yang menyerang tubuh penderita harus dilawan aktivitasnya dengan menjaga kesehatan lebih ekstra, termasuk mengatur pola makan dan jenis makanan sehari-hari.